Sosialisasi Surat Keterangan Miskin dan Basis Data Terpadu

06 Maret 2018 14:24:23 WIB

GadingsariNews - Selasa (06/03) bertempat di Aula II Pemda II Manding berlangsung kegiatan Sosialisasi Surat Keterangan Miskin dan Basis Data Terpadu yang dimulai pada pukul 10.30 WIB. Hadir dalam kegiatan tersebut TKPK Kecamatan, TKSK Kecamatan, TPK Desa. Saryadi yang dalam hal ini mewakili Kepala Dinas P3A menyampaikan sambutan mewakili Kepala Dinas P3A yang kebetulan tidak bisa hadir dan mewakilkan beliau dalam acara pada hari ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tugas Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) selain bisa membantu juga mendapatkan pahala. Beliau juga menyampaikan beberapa jenis bantuan sosial, yang salah satunya adalah bantuan sosial yang berbentuk jaminan kesehatan adalah bagian yang paling urgent, dibandingkan dengan bantuan sosial seperti PKH atau Rastra. Semua warga baik miskin atau tidak miskin pasti membutuhkan jaminan kesehatan.

Materi pertama disampaiakan oleh Ibu Lestari dari Dinas P3A, yang menyampaikan kebijakan dan strategi penanggulanfgan kemiskinan. Selanjutnya akan diluncurkan aplikasi Si-Miskin yang digunakan untuk mewadahi program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Bantul. Selanjutnya akan diadakan pendataan yang dimulai dari dusun. Dusun diberi data by name by adress untuk pendataan atau jika ada perubahan data (NIK salah, meninggal, pindah dll). Selanjutnya apabila nanti Dinas P3A mengirimkan data, desa dimohon untuk mengkondisikan dukuh atau kadernya. 

Materi kedua disampaiakan oleh Ibu Yanti dari Jamkesos DIY yang menyampaikan tentang pelayanan Jaminan Kesehatan Semesta. Materi terakhir diberikan oleh Pak Agus dari Jamkesos DIY, yang menyampaikan pengembangan program bapel jamkesos. 

Komentar atas Sosialisasi Surat Keterangan Miskin dan Basis Data Terpadu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License