Pesona Pantai Pandansari

07 Maret 2018 10:13:31 WIB

GadingsariWisata – Pantai Pandansari adalah salah satu pantai di wilayah Dusun Wonoroto Desa Gadingsari Kecamatan Sanden yang memiliki tanaman cemara di pinggir laut dan berdiri gagah sebuah menara atau mercusuar.

Salah satu yang menjadi daya tarik Pantai Pandansari adalah adanya mercusuar yang berdiri gagah di pinggir pantai dan diantara cemara laut yang rindang. Untuk masuk ke mercusuar yang memiliki ratusan anak tangga ini cukup dengan membayar Rp 5.000 untuk biaya kebersihan. Mercusuar ini memilik tinggi kira-kira 30-an meter.

Dari atas mercusuar kita dapat menikmati pemandangan lautan serta garis pantai dan deratan perbukitan yang hijau yang dapat menyejukkan mata. Jika kita mengedarkan pandangan ke arah timur kita juga bisa melihat hamparan kebun buah naga.

Jika kita berkunjung ke agrowisata kebun buah naga kita diperkenankan untuk memetik buahnya lansung untuk oleh-oleh atau sekedar untuk dinikmati saat itu juga. Disini tersedia buah naga merah ataupun buah naga putih.

Beberapa manfaat buah naga antara lain sebagai berikut :

  1. Buah naga rendah kalori, sebanding dengan buah kiwi, mengandung sekitar 50 kalori per 100 g. Meskipun demikian, ia menyimpan banyak antioksidan, mineral, vitamin, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan.
  2. Biji naga hitam yang renyah mengandung senyawa phytochemical antioksidan fitokimia. Phytoalbumin berpikir untuk memperbaiki nafsu makan, bekerja sebagai pencahar, dan bagus untuk kesehatan kulit dan rambut.
  3. Buah ini merupakan sumber antioksidan vitamin C yang sangat baik; menyediakan sekitar 8-9 mg per 100 g atau sekitar 12-15% dari DRI (asupan yang direkomendasikan setiap hari). Konsumsi makanan kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan ketahanan untuk melawan agen infeksius dan mengais radikal bebas berbahaya.
  4. Tipe daging merah buah mengandung kadar vitamin-A yang sangat sehat, dan karoten. Bersama; Senyawa ini telah diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan. Vitamin-A juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mukosa dan kulit. Konsumsi buah alami yang kaya akan karoten diketahui dapat melindungi dari kanker rongga mulut dan rongga mulut.
  5. Buah naga juga mengandung mineral dalam jumlah baik seperti fosfor, mangan, besi, dan magnesium. Mangan yang digunakan oleh tubuh manusia sebagai co-factor untuk antioksidan kuat enzim, superoksida dismutase. Magnesium adalah mineral penguat tulang yang penting seperti kalsium. (diilansir dari https://manfaat.co.id/manfaat-buah-naga)

 

 

Komentar atas Pesona Pantai Pandansari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License