Pengajian Selasa Kliwonan

09 Maret 2018 12:20:51 WIB

GadingsariNews - Selasa (06/03) bertempat di Balai Desa Murtigading berlangsung kegiatan Pengajian Rutin Selasa Kliwonan Lintas Sektoral yang diikuti oleh Camat dan Muspika, Lurah dan Pamong Desa se-Kecamatan Sanden. Kegiatan dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan membaca Surat Yasiin yang dipimpin oleh Kepala KUA Sanden, Bapak Mustafied Amna, S.Ag. 

Pengajian diisi oleh Bapak Mustafied Amna, S.Ag. Beliau menyampaikan materi Konsep Manusia dalam Islam, yaitu basyar, insan, an nas dan bani adam. 

1.   Basyar

Basyar berarti kulit kepala, wajah, atau tubuh yang menjadi tempat tumbuhnya rambut. Maknanya bahwa manusia merupakan makhluk yang memiliki segala sifat kemanusiaan dan keterbatasan, seperti makan, minum kebahagiaan dan sebagainya. 

2. Insan 

Kata insan digunakan dalam al-Qur’an untuk menunjuk kepada manusia dengan seluruh totalitasnya, jiwa dan raganya.

3.  An-Nas 

Dalam al-Qur’an keterangan yang jelas menunjukkan pada jenis keturunan nabi Adam as. Kata an-Nas menunjuk manusia sebagai makhluk social dan kebanyakan digambarkan sebagai kelompok manusia tertentu yang sering melakukan mafsadah.

4.  Bani Adam

Kata Bani Adam lebih ditekankan pada aspek amaliah manusia, sekaligus pemberi arah ke mana dan dalam bentuk apa aktivitas itu dilakukan.

Setelah pengajian dilanjutkan penyerahan jabatan Kepala KUA Sanden, karena Bapak Mustafied Amna,S.Ag dimutasikan ke KUA Kretek dan digantikan oleh Bapak Abdul Azis, S.Ag.

 

Komentar atas Pengajian Selasa Kliwonan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License