Sosialisasi Perkembangan Psikologis pada Anak dan Positive Parenting

16 Maret 2018 13:00:31 WIB

GadingsariNews - (Kamis, 15/03/18) bertempat di Aula Puskesmas Sanden pada pukul 09.30 - 11.30 WIB berlangsung acara sosialisasi yang dihadiri oleh perwakilan para kader se-Kecamatan Sanden. Desa Gadingsari diwakili oleh 6 kader yang berasal dari dusun Soka, Sorobayan, Bongos, Klagaran, Nampan dan Tegesan.

Fitri Megasari, S.Psi selaku narasumber menyampaikan bahwa yang dinamakan positive parenting itu adalah cara pengasuhan anak dengan memahami bahwa setiap anak itu berbeda dan tau bagaimana menyatakan perasaan cinta kepada anak. Ada 3 gaya pola asuh perlu kita ketahui yaitu otoriter, demokratis, dan permisif. Positive parenting juga memberikan manfaat bahwa anak yang diasuh dengan cara posif akan menjadikan anak tersebut menjadi pribadi yang tidak mudah stress, cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik dan berprestasi di sekolah.

Sebaliknya anak yang terlalu nakal merupakan dampak dari pola asuh orang tua yang salah. Solusi yang diberikan adalah dengan konseling terhadap orang tuanya karena anak seperti itu anak yang kurang perhatian dan kasih sayang. Poin utama dalam menerapkan pengasuhan positif adalah terjalinnya hubungan yang positif antara orang tua dan anak.

Peran kader balita disini adalah dapat menyampaikan atau mensosialisasikan pengetahuan yang di dapat, mampu melakukan deteksi dini atau identifikasi terhadap orang tua yang belum atau beresiko bermasalah dalam penerapan pola asuh pada anak, terakhir segera melakukan penanganan yang seharusnya seperti merujuk ke Puskesmas terdekat untuk diberikan konseling.

Puskesmas Sanden juga melayani konseling setiap hari Rabu, Kamis dan Sabtu dengan Psikolog Rinova atau jika ingin petugas datang bisa menginfokan terlebih dahulu ke Puskesmas.

Komentar atas Sosialisasi Perkembangan Psikologis pada Anak dan Positive Parenting

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License