Pelatihan Pembuatan Garam Sistem Tunnel

23 April 2018 14:57:42 WIB

GadingsariNews- Senin (23/04) pukul 09.00 WIB bertempat di Kompleks Miniatur Kabah Dewaruci Desa Gadingsari Sanden Bantul berlangsung kegiatan Pelatihan Pembuatan Garam Sistem Tunnel dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan (BPTP) Tegal. Kegiatan dihadiri oleh Tim dari BPTP Tegal, Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan DIY, Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Kecamatan Sanden, Pemerintah Desa Gadingsari, Penyuluh Pertanian dan diikuti oleh 30 peserta. Dari BPTP menyampaikan bahwa pembuatan garam di wilayah pantai selatan ini tergolong baru, karena biasanya pembuatan garam kebanyakan dilaksanakan di pantai sebelah utara Pulau Jawa. Jika di wilayah Desa Gadingsari ini berhasil memproduksi garam makam garam disini akan memiliki kualiatas yang bagus. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa sistem Tunnel ini memiliki kelebihan yaitu produk garam yang dihasilkan akan higienis karena pengkristalan garam dilakukan di lahan tertutup. 

Dari Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bnatul, Ir. Pulung Haryadi, M,Sc menyampaikan bahwa adanya pelatihan garam ini diharapkan mampu menjadikan diversifikasi pendapatan bagi masyarakat di Desa Gadingsari. Beliau mengharapkan bahwa pelatihan ini dapat berkelanjutan dan mampu mewujudkan swasembada garam di Kabupaten Bantul. Kegiatan ini akan berlangsung selama 5 hari ke depan. 

Komentar atas Pelatihan Pembuatan Garam Sistem Tunnel

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License