PELATIHAN PENGUATAN KETAHANAN KELUARGA BAGI KADER di PROVINSI D.I. YOGYAKARTA

24 September 2018 11:15:34 WIB

GadinsgariNews - Menindaklanjuti Surat Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor: B-26/KPP-PA/D.I3/PG/09/2018 perihal Pelatihan Penguatan Ketahanan Keluarga Bagi Kader Keluarga di D.I. Yogyakarta, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan DIY menyelenggarakan kegiatan "Pelatihan Penguatan Ketahanan Keluarga Bagi Kader Provinsi D. Yogyakarta.". Pelatihan diselenggarakan pada hari Rabu s.d. Sabtu tanggal 19 s.d.  22 September 2018 bertempat di Hotel Horison Ultima Riss Malioboro, Gedongtengen, Yogyakarta. Peserta pelatihan adalah Kader Desa dari 4 desa yang menjadi sampel yaitu Desa Gadingsari, Srigading dari Kecamatan Sanden serta Desa Mororejo dan  Sumberejo dari Kecamatan Tempel. hadir dalam acara tersebut Lurah Desa Sampel, Asisten Deputi Bidang Kesetaraan Gender Bapak Budi Mardayana, S.E, M.Si., Kepala BPPM DIY dr. Arida Oetami, M. Kes, Kepala Bidang Pengembangan Partisipasi Perempuan Ibu Nelly Tristiana, S.Kep.,Ners., Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Institut Pertanian Bogor Dr. Ir. Herien Puspitawati, M.Sc., M.Sc., Kepala Bidang Perlindungan Hak-Hak Perempuan Dra. Wredi Wyandani, dan Konsultan Data BPPM Arif Nasirudin.

 

Kader Desa Gadingsari yang ditunjuk sejumlah 11 orang mengikuti acara pelatihan tersebut dari pembukaan hingga penutupan. Kriteria Kader Desa yang diharapkan oleh panitia adalah yang bersedia mengikuti pelatihan sampai selesai, dapat mengoperasikan smartphone, setelah pelatihan selesai bersedia melakukan tugas pendataan. Kader Desa tersebut adalah Niken Rahmawati, S,Gz., Wahyu Murwani, S.E., Tuminah, Siti Khariroh, Siti Khoiriyah, Asih Harmiatun, Budi Partuti, Wahyuni Muslimah, Rustiningsih, Supardilah, Suparmiyati. Saat ini Kader Desa telah siap menerima tugas pendataan.

Pendataan akan dilakukan menggunakan aplikasi yang telah disiapkan yaitu bernama SITAGA yang dapat diunduh dari play store. Aplikasi tersebut digunakan oleh setiap kader untuk mendata dan menentukan indeks Ketahanan Keluarga. Dalam aplikasi tersebut terdapat 24 indikator yang harus digali datanya dari responden, terdapat variabel geolokasi dan foto kondisi responden. Responden dari pendataan ini adalah seluruh KK yang terdapat di wilayah Desa Sampel. Target pendataan untuk wilayah Desa Gadingsari adalah lebih kurang 3600 KK, waktu atau durasi pendataan adalah 1 bulan, dan harus selesai di bulan November.

Komentar atas PELATIHAN PENGUATAN KETAHANAN KELUARGA BAGI KADER di PROVINSI D.I. YOGYAKARTA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License