Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM) Krisna Murti Buyutan kunjungi Kerajinan Bambu Karangasem Muntuk

01 Agustus 2019 13:32:59 WIB

Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM) saat ini menjadi komunitas yang sangat membantu masyarakat dalam menghadapi berbagai permasalahan melalui informasi. Bentuk kegiatan pada Kelompok Informasi masyarakat ini bertujuan untuk mendayagunakan informasi agar memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat serta menambah kesadaran masyarakat akan pentingnya informasi.

Salah satu Kelompok Infromasi Masyarakat yang saat ini berkembang di Desa Gadingsari adalah KIM Krisna Murti Buyutan yang telah melaksankan berbagai kegiatan. Minggu 28 Juli 2019 KIM Krisna Murti Butuyan melaksankan kegiatan kunjungan di kerajinan bambu Karangasem Muntuk Dlingo Bantul.

Triyono sebagai ketua Kelompok Informasi Masyarakat Krisna Murti mengatakan, kegiatan ini merupakan program KIM Krisna Murti th 2019 sekaligus refreshing pengurus dan ulang tahun ke-1 dengan harapan bisa menambah wawasan dan semangat kinerja pengurus dalam mengelola berbagai informasi di lingkungannya. Slamet Raharja (Pembina KIM) juga berharapdengan adanya kegiatan ini bisa memotivasi masyarakat dalam aktivitas ekonomi produktif.

Kedatangan Kelompok Informasi Masyarakat Krisna Murti Buyutan di Karangasem di sambut baik oleh Dukuh setempat. Tumiyo Kepala Dukuh Karangasem mengatakan,  92%penduduk bermata pencaharian sebagai pengrajin bambu dan merupakan turun temurun dari nenek moyang. Semoga silaturahmi mempererat persaudaraan warga buyutan dengan warga karangasem.

Karyadi mengatakan, Kerajinan bambu pemasaran lokal dan ekspor. Dibantu sub pengrajin di sekitar karangasem dan diluar Karamgasem. Bahan baku mudah didapat kebanyakan dari sekitar patuk Gunung Kidul. Pemasaran lokal di Jogja Bali dan Bandung. Pengiriman 2 minggu sekali. Untuk ekspor tergantung pemesanan buyer/ pemesan. Alat yang digunakan semua manual. Tidak ada kendala bahan baku maupun pemasaran baik musim kemarau maupun hujan. Di karangasem ada 20 pengepul dan semua tergabung dalam paguyuban. Selalu ada komunikasi agar menjaga kerukunan dan permasalahan harga.

Dari kegiatan kunjungan tersebut Kelompok Informasi Masyarakat mendapatkan pelajaran pentingnya memperluas akses informasi melalui kelompok informasi masyarakat untuk menghadapai berbagai masalah. Akhir dari kegiatan ini adalah refreshing di Puncak Becici Dlingo.

Komentar atas Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM) Krisna Murti Buyutan kunjungi Kerajinan Bambu Karangasem Muntuk

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License