PELATIHAN PENYULUHAN KEAMANAN PANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA 5 Maret 2024

Administrator 08 April 2024 10:16:42 WIB

Gadingsari - Selasa (5/3/24) Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul bersama dengan Pemerintah Kalurahan Gadingsari mengadakan kegiatan pelatihan penyuluhan keamanan pangan Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) yang diselenggarakan di Aula Kalurahan Gadingsari.

Kegiatan penyuluhan ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan standar keamanan dan kesadaran para pelaku industri rumah tangga dalam memproduksi pangan yang aman, sehat, dan layak untuk dikonsumsi.

Pelatihan ini menyasar pemilik dan operator usaha kecil dan menengah (UKM) di sektor pangan, termasuk produsen makanan tradisional, pengolahan makanan rumahan, serta pelaku industri pangan skala kecil lainnya.

Terdapat 80 peserta yang hadir dan mengikuti kegiatan penyuluhan ini dengan diberikan materi terkait Peraturan Perundang-Undangan di bidang pangan, cara memproduksi pangan yang baik untuk industri rumah tangga, pembuatan desain dokumen good manufacturing practice, teknik pengolahan pangan dan bahan tambahan pangan, pelabelan dan pengemasan, hingga mengembangkan dan menerapkan SSOP.

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pelatihan ini, diharapkan para pelaku industri rumah tangga dapat meningkatkan kualitas produk pangan mereka, sekaligus melindungi konsumen dari risiko kesehatan akibat konsumsi pangan yang tidak aman.

Pelatihan ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan daya saing produk pangan di pasar global, seiring dengan meningkatnya kesadaran konsumen akan standar keamanan pangan. Dengan demikian, pelaku industri rumah tangga dapat berkontribusi lebih besar dalam perekonomian nasional, sekaligus menjaga kesehatan dan keselamatan konsumen.

sudah bisa di tonton di sosmed Kalurahan :
https://www.youtube.com/@gadingsaritv8641
https://www.instagram.com/kalurahangadingsari/

Komentar atas PELATIHAN PENYULUHAN KEAMANAN PANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA 5 Maret 2024

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License