Bregiva Gasa sebagai Inovasi di Bidang Kesehatan Desa Gadingsari

Administrator 03 November 2017 11:36:26 WIB

GadingsariNews - Pemerintah Desa Gadingsari telah berkomitmen akan meningkatkan layanan kesehatan. Hal itu sesuai dengan UU 6/2014 tentang Desa telah menjamin kewenangan lokal berskala desa, dimana salah satunya adalah kewenangan melakukan pembinaan kesehatan masyarakat.

Bregodo IVA Gadingsari atau yang lebih sering disebut Bregiva Gasa adalah saah satu inovasi Desa Gadingsari dalam bidang kesehatan. Bregedo diambilkan dari bahasa jawa yang artinya prajurit, yang dalam hal ini diartikan kelompok. IVA adalah Inspeksi Visual dengan Asam Asetat, yaitu  salah satu tindakan pengecekan untuk mendeteksi kanker serviks. Gasa adalah singkatan dari Gadingsari. Dari keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa Bregiva Gasa adalah kelompok kader Desa Gadingsari yang bekerja untuk memberikan penyuluhan kepada warga Gadingsari baik mengenai pengertian kanker serviks, cara pencegahan, tes IVA ataupun setelah dinyatakan positif kanker serviks.  

Menurut Surat Keputusan (SK) Lurah Desa Gadingsari tugas Bregodo IVA Gadingsari (Bregiva Gasa) antara lain :

  1. Mendata dan memfasilitasi warga masyarakat;
  2. Melakukan kunjungan rumah, pendampingan, dan memotivasi warga masyarakat;
  3. Sosialisasi, penyuluhan dan penyebaran informasi mengenai kanker serviks

Dalam kegiatannya pada Kader Bregiva Gasa akan memberikan penyuluhan kepada warganya. Selanjutnya warga yang ingin tes IVA akan difasilitasi untuk melakukan pemeriksaan IVA di Puskesmas. Dukungan dari lintas sektor juga mempengaruhi minat masyarakat untuk mengkuti tes IVA. 

Di dalam Permen Kemenkes No 34 Tahun 2015 dijelaskan bahwa  untuk mendukung keberhasilan penanggulangan kanker leher Rahim masyarakat harus menciptakan dan mentradisikan perilaku CERDIK ( cek kesehatan berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktifitas fisik, diet sehat, istirahat cukup, dan kelola  stress). 

Komentar atas Bregiva Gasa sebagai Inovasi di Bidang Kesehatan Desa Gadingsari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License